Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( RPP)
|
||
Mata
Pelajaran
Kelas
/ semester
Jenis
teks
Aspek/
skill
Alokasi
waktu
RPP
|
:
:
:
:
:
:
|
Bahasa
Inggris
VII/
2
Describing People
Speaking / Berbicara
2 x 25
menit
( KD (4.1) (SPEAKING))
|
Standar Kompetensi : 4 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive text untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar : 4.1 Mengungkapkan makna
dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator
1.
Mengenal describing people
2.
Mengetahui describing people
3.
Memahami describing people
I. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa mampu :
a.
Mengenal describing people
b.
Mengetahui describing people
c.
Memahami describing people
II. Materi
Pembelajaran
How to describe people
-
Appearance
-
Body build
-
Complexion
-
What are they
look like?
III. Metode / Teknik
1.
Metode :
-Direct Method (DM)
-Make
a Match
IV. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah kegiatan
|
NBKB
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi :
·
Menyiapkan
peserta didik secara fisic dan psichis
·
Salam dan
Tegur sapa.
·
Membiasakan berdoa
sebelum belajar
·
Guru
mengadakan pengecekan kehadiran peserta didik
·
Tanya jawab
berbagai hal tentang kondisi siswa
·
Memberi
pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa
ü Hi Class…Good Morning..?
ü How are you today..?
ü Have you ever read a story..?
ü What kind of story..?
· Menuliskan SK, KD dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
|
Komunikatif, perduli, religius, bersahabat
|
5’
|
2
|
Kegiatan Inti
|
· Guru bertanya kepada siswa tentang idolanya atau
tokoh terkenal
· Siswa menyebutkan
idolanya/tokoh terkenal
· Guru bertanya
tentang ciri-ciri dari idolanya/tokoh terkenal
·
Siswa merespon dan menjelaskan ciri-ciri idolanya/tokoh terkenal
·
Guru memberikan penjelasan tentang tema berdasarkan respon dari siswa
·
Siswa menyimak penjelasan dari guru
·
Guru menampilkan gambar dan menjelaskan kepada siswa tentang
appearances, body build, dan complexion
·
Siswa menyimak dan mencatat materi (bertanya tentang materi)
·
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok (guru membagikan kartu
kepada setisp kelompok yang berisi gambar tokoh dan ciri-ciri tokoh)
·
Siswa melaksanakan instruksi dari guru
·
Guru memberikan arahan dari games yang akan dilakukan oleh siswa
·
Siswa menyimak dan melakukan arahan yang diberikan guru
·
Guru mengevaluasi sejuh mana siswa mengenal describing people (guru
menunjuk setiap siswa untuk mendeskripsikan dirinya (guru))
|
Komunikatif, bertanggung
jawab, mandiri, jujur
|
35’
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
·
Guru memberikan apresiasi kepada siswa
·
Guru menyimpulkan materi
·
Guru memberi tugas (PR)
·
Guru menyampaikan materi yang akan datang
·
Berdoa
·
Salam
|
Komunikatif, peduli, religius, bersahabat
|
10’
|
V.
Sumber Belajar
1. English
Dictionary
2. Buku teks yang relevan
VI.
Media
1.
LCD
2.
Gambar tokoh/animasi
VII.PENILAIAN
INDIKATOR PENCAPAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
INSTRUMEN
|
1. Mengenal
describing people
2. Mengetahui
describing people
3.
Memahami tentang describing people
|
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Menyebutkan ciri-ciri tokoh idola
Menyebutkan ciri-ciri tokoh pahlawan
Menyebutkan ciri-ciri guru
|
Questions
Permainan
Describing People
|
Aspek Penilaian
1. Penilaian dari Aspek Pengetahuan
(knowledge)
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kosakata (vocabulary)
-
hampir
sempurna
-
ada
kesalahan tappi tidak mengganggu makna
-
ada
kesalahan dan mengganggu makna
-
banyak
kesalahan dan mengganggu makna
-
terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Kelancaran (fluency)
-
Sangat
lancar
-
lancar
-
cukup
lancar
-
kurang
lancar
-
tidak
lancar
|
5
4
3
2
1
|
3. |
Ketelitian( accuracy)
-
sangat
teliti
-
teliti
-
cukup
teliti
-
kurang
teliti
-
tidak
teliti
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Pengucapan(pronunciation)
-
hampir
sempurna
-
ada
kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
-
ada
beberapa keslahan dan mengganggu makna
-
banyak
kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
-
terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Intonasi (intonasi)
-
hampir
sempurna
-
ada
beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
-
ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
-
banyak
kesalahan dan mengganggu makna
-
terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
5
4
3
2
1
|
6.
|
Pemahaman (understanding)
-
sangat
memahami
-
memahami
-
cukup
memahami
-
kurang
memahami
-
tidak
memahami
|
5
4
3
2
1
|
7.
|
Pilihan Kata (diction)
5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
|
5
4
3
2
1
|
2. Aspek penilaian sikap
Aspek |
Skor |
sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan konsisten
|
4
|
Mengetahui, Palopo, 13 Maret 2014
Guru Pamong Mahasiswa
PPL
NIP. NIM.
Mengetahui
kepala sekolah
NIP.
thanks for you information.. this info can help me to make RPP well. please add more information again...
ReplyDeleteBoleh minta filenya bang
ReplyDelete